Hindari Konflik, Calon Kepala Daerah Harus Siap Menerima Kekalahan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ Terjadinya konflik dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) kerap kali terjadi karena calon yang kalah tidak siap menghadapi kenyataan.
Untuk itu sikap dewasa dari calon kepala daerah sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya konflik seusai pelaksanana Pilkada.

“Yang mau mencalonkan diri sebagai gubernur, bupati atau wali kota maupun presiden harus siap dua hal. Siap kalah dan siap menang,” kata politikus Gerindra, Nizar Zahro dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Pria yang juga merupakan anggota Komisi V DPR RI itu menuturkan, terjadinya konflik yang dipicu oleh calon yang kalah dikarenakan orang tersebut tidak siap untuk menerima kekalahan. Untuk itu dirinya berpesan kepada siapapun pri‎badi yang hendak maju dalam Pilkada serentak 2018 agar senantiasa menanamkan sikap siap kalah dan turut menularkan kepada tim sukses hingga massa pemilihnya.
“Kadang kala calon Pilkada hanya ingin siap menang tapi tidak siap kalah. Banyak petugas KPU dan Bawaslu jadi sasaran,” ujarnya.

Sumber : tribunnews.com