Jokowi Borong Sabun Rp2 Miliar, Hanya Tujuan Politik Sesaat

VIVA – Pembelian 100 ribu botol sabun cuci piring senilai Rp2 miliar oleh Presiden Joko Widodo menuai perhatian luas. Juru Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Nizar Zahro, menyebut pembelian itu tak punya dampak pada peningkatan UMKM seperti yang diklaim.

“Pembelian itu tidaklah murni dalam rangka untuk meningkatkan UMKM, dan konyol kalau dibilang bermaksud begitu,” kata Nizar, Rabu 23 Januari 2019.

Ketua DPP Partai Gerindra ini beralasan pembelian yang dilakukan Jokowi itu hanya untuk kepentingan sesaat saja. Nizar bahkan menuding pembelian sabun itu terkait dengan kepentingan politik.

“Karena pembelian oleh Jokowi sangatlah bertujuan sesaat. Baik sesaat karena tujuan politik, maupun sesaat karena pembelian sabun dengan seharga itu tidaklah juga berdampak terhadap peningkatan UMKM,” ujar Nizar.

Menurut Nizar, tuga Presiden adalah mencari celah agar produk itu bisa laku di pasaran. Kemudian produk itu bisa menjadi andalan nasional dan kalau bisa internasional.

“Mau beli 10 miliar kalau perhatian ke mereka tidak dikembangkan tetap percuma dan hasilnya hanya sesaat tadi,” kata Nizar.

Sebelumnya, dalam agenda Presiden di Gedung Serbaguna Mandala, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dalam rangka Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) 2019, Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghampiri stand pengusaha bernama Liliawati. Dari situ Jokowi memborong produk sabunnya.

Sumber Berita: https://www.viva.co.id/pemilu/berita-pemilu/1114306-jokowi-borong-sabun-rp2-miliar-hanya-tujuan-politik-sesaat